FDR XR Sport EVO : Perkasa di Aspal, Tak Berdaya di Medan Offroad

Posted: Januari 31, 2012 in Uncategorized
Tag:,

Sekedar share aja mazbro dan ini bukan riding report hehehe…, hanya berbagi pengalaman pribadi kDW memakai ban FDR XR Sport EVO di Pulsar. Pemakaian selama hampir sebulan dengan melibas berbagai medan dirasa cukup untuk diambil kesimpulan.

FDR XR Sport EVO cocok untuk digunakan di aspal mulus, cukup lengket dan menggigit saat jalanan kering apalagi ketika suhu ban sudah optimal. Bermanuver sangat nyaman tanpa was-was sliding dan terjatuh, begitu pun dibawa merebah di tikungan pun tetap pede. Saat kondisi jalanan basah pun masih dirasa cukup nyaman, dicoba panic braking masih mumpuni…. Puas!

Lain cerita ketika melibas jalanan offroad. Hari Minggu kemaren (29/01) kDW dan kang Deden mencoba menembus jalur Desa Darmaga (Cisalak, Subang) ke Cikole (Lembang) via Cupunagara, sebuah Desa terisolir di selatan Kab. Subang. Kondisi jalan yang dilalui sangat parah, cukup bervariasi, sebagian kecil aspal lepas yang sudah berubah menjadi hamparan batu padat, lubang berlumpur campur tanah merah, terkadang berubah menjadi sungai, tanah merah dan tanah liat menghiasi tanjakan dan turunan curam.

Bebatuan padat dan lepas kering masih mudah dilewati, tapi ketika melibas medan berlumpur dan berbatu motor sangat liar untuk dikendalikan. Licin….mazbro!…, dan ketika dihadapi tanjakan panjang nan curam, yang kebetulan diguyur hujan gerimis, seakan FDR XR Sport EVO ini tak berdaya, daya cengkram hilang… Sempat motor tidak naik dan malah mundur di tengah tanjakan, untung dengan sigap menurunkan standar samping, menekuk stang dan mematikan mesin, kondisi gigi di satu dan ban belakang diganjal batu.

Saat itu instink mengatakan bahwa tidak akan sanggup, memaksa naik yakin celaka… Akhirnya menunggu trek kering, waktu 20 menit dihabiskan untuk istirahat, mengumpulkan tenaga yang terkuras di setengah perjalanan. Setelah dirasa cukup kering, sebelum memulai tidak lupa tekanan ban dikurangi, dengan bantuan dorong kang Deden akhirnya bisa melewati tanjakan maut itu. Tapi tidak cukup disitu, trek menyiksa masih membentang dihadapan. Trek sepanjang 32 KM itu akhirnya bisa ditempuh dalam waktu lebih dari 3,5 jam perjalanan. Huhhhh….

Kesimpulannya, pertama, ban ini cocok untuk onroad tapi tidak untuk melibas trek offroad… Kedua, kDW yang hobby blusukan ternyata salah pake ban hehehe…. Jadi kangen MRF yang anteng dibawa maen-maen di jalan ginian…

Hehehe…. Monggo dikomentari (kDW)

About these ads
Komentar
  1. wah,, baru tau MRF itu mantap d trek off road y oom..

  2. anggiwirza mengatakan:

    fdr kalo kondisi basah terus ngelewatin marka jalan yang putih gitu licin juga om,,,

    sempet hampir mlintir motor gara-gara pas basah lewat marka jalan putih terus rada miring

  3. enanmande mengatakan:

    klo ane pke corsa…kaya nya sama kg dadng he…

  4. agsstwn mengatakan:

    Pake Kenda atau Maxxcross kang… :D :D

  5. Amama Ali mengatakan:

    Nice share kang, hobi kita sama ;) secara saya juga awalnya tertarik sama profil ni ban
    karena sekarang udah ada pencerahan, jadi positif nggak beli ini ban

    hmmm klo IRC Road Runner punya Bison gimana ya? ada pengalaman nggak kang? atau masukan profil ban mantap mungkin?

  6. senida adventura mengatakan:

    sama kang aku juga pake FDR SPORT XR EVO… persisi bgt kejadiannya cm aku di jalan tanah merah yang basah… hihihihihi

  7. Bonsai Biker mengatakan:

    menantang takdir

  8. gaplek mania mengatakan:

    poto paling bawah keren banget anglenya

  9. bajajdriver mengatakan:

    ane MRF bae lah….

  10. gunawanspurs mengatakan:

    wajar sekali, MRF old skul kompon super hard, permukaan ban solid menggaruk jalan makadam, pola kembangannya jg lumayan memadai utk semi off road.

    Wah track na sptnya ada nih di map iGO TeleAtlas di alat navigasiku, kapan2 pengen jg blusukan k sana ya. :D

  11. bean06 mengatakan:

    Saya malah Puass pakai ban ini, both wet n dry road. cuma ga ada 110/80 saja. tu kurang tinggi bagi saya. velg ane 2.5″ ban 110/70.pas tapi kurang tinggi dkt. Pointnya sih mantabh..mau kering,ujan asal jgn badaii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s