Kawasaki ER-6n, moge yang ‘Easy to Ride’

Posted: September 5, 2012 in Uncategorized

Masih ingat artikel teaser “Test Ride” kemarin? Cukup banyak yang penasaran dan mencoba menebak, kira-kira motor apakah gerangan yang dijajal kDW hari Minggu (02/09) pagi itu. Jawabannya adalah…..

Kawasaki ER-6n

Yap! Naked bike warna hitam dop di parkiran Circle-K itu adalah Kawasaki ER-6n model 2012. Motor yang dibingkai sasis double-pipe perimeter frame dan mengaplikasikan rear monoshock setengah tidur yang khas ini dibekali mesin 2 sylinder DOHC 8 valves berkapasitas total 649 cc. Menurut klaim pabrikan, bisa memuntahkan tenaga maksimal 70,7 Ps @ 8000 rpm dan torsi badak 64 Nm @ 7000 rpm. Wuihhh…., gimana rasanya ya?

Setelah kunci diterima, kDW langsung mendekat. Keraguan dicoba ditepis, dengan tenang kDW ambil posisi duduk mengangkangi jok. Beueuhhh…, nyaman sangat mazbro! Cukup lebar dan empuk, tinggi jok yang cuma 805 mm begitu pas dengan postur kDW yang 169 cm. Serasa lebih pendek sedikit dibanding Pulsar 200, jadi kedua kaki hampir menapak sempurna.

Kunci kontak diputar, sontak instrumen dashboard menyala. Indikator digitalnya terlihat jelas dan mudah terbaca, dipadu backlighting warna biru pada panel LCD dan warna putih kekuningan di panel takometer analognya. Sayangnya kDW tidak banyak menggali informasi tentang indikator apa saja yang tersaji di panel LCD, hanya sekilas melihat ada jam digital dan trip meter.

Sesaat setelah starter, cukup dikagetkan dengan suara engine, kok kasar banget yak? Sekilas mirip suara Ninja 250R, tapi lebih ‘deep’ dan bertenaga ketika thortle sedikit dimainkan. Saat posisi gear masih normal, tarik kopling dan masukin gigi 1 lalu side stand yang tadinya sudah dilipat sebelum menyalakan mesin kembali diturunkan. Woohhh…, mesin langsung mati. Safety juga nich, ada fitur side stand switch-nya. Oh ya, perpindahan gigi dibutuhkan effort yang cukup dan terdengar suara ‘bletak’, tidak sehalus Pulsar ternyata. Hehehe…, mungkin begini karakter mesin cc besar atau mungkin juga kDW yang belum terbiasa.

Torsi melimpah dan menawarkan kemudahan berkendara diatas sebuah moge

Tak sabar, setelah starter ulang perlahan gas dibuka dan kopling dilepas. Wusssh…, akselerasinya mantap euy! Di fase ini kDW cukup berhati-hati, gak mau seenaknya buka gas, cukup merasakan sensasi cepatnya akselerasi dengan membatasi putaran mesin tidak melebihi 4000 RPM. Lumayan ngerasa bedanya, pengalaman dahsyat walau cuma mentok di 80 KM/Jam dan mencoba sampai gear 2 dari 6 yang ada. Lho kenapa? Selain baru pengenalan juga kDW tidak menguasai medan, soalnya test ride di jalan yang belum hafal karakternya seperti apa, takut tiba-tiba nabrak kendaraan yang keluar dari komplek perumahan.

Kesimpulannya, torsinya yang besar membuat motor berbobot 204 Kg ini terasa ringan. Ketika mencoba bermanuver di kecepatan rendah pun begitu mudah dan lincah. Yakin, kalau riding di jalan yang trafic-nya padat pun bisa selap-selip. Yang paling kDW suka adalah disaat belok sedikit merebah, Kawasaki ER-6n yang dibekali ban standard merk Dunlop ukuran 120/70ZR17 di depan dan 160/60ZR17 di belakang ini sangat nurut, tidak ada kekhawatiran slide, seakan begitu lengket di aspal. Ternyata diluar dugaan, moge Kawasaki seharga 99 juta OTR Jakarta ini begitu mudah dikendarai, sangat cocok bagi biker yang mau naik kelas. Glek…!

Oh ya… Thanks a lot buat pria misterius, yang telah berbaik hati meminjamkan ‘big toys’-nya yang masih kinyis-kinyis. Kapan-kapan nyoba lagi di sirkuit atau di jalan berkelok dan menanjak seputar Ciater, Subang yaaaaak….😀

Ini dia pria misterius itu

Ada yang kenal? Hehehe… Silahkan dikomentari mazbro… (kDW)

Komentar
  1. bennythegreat mengatakan:

    beruang cipaku nih..

  2. amz24 mengatakan:

    hehehe tersangkanya dah ketahuan btw om benny g ikutan naek kelas?

  3. Daddee Storm mengatakan:

    Beuh….malam minggu besok kudu jadi nih ke Bogor hahahaha

  4. wahyo (@wahyoakoeb) mengatakan:

    catatan sambungannya muangtab mas bro. jadi pingin….. tp baca harganya tatuttttttttttt

  5. edwin_b@n63t mengatakan:

    mantapzzz mas broooo

  6. Taufik mengatakan:

    keliatannya berat, tapi kalo udah naik diatasnya sih yaa . . . githu deh

  7. dangdul mengatakan:

    mantafff…

  8. itemompong mengatakan:

    alamat naik kelas nih kyknya …….

  9. warung DOHC mengatakan:

    montore kang Dono ketoke 🙂

  10. fresh and fresh mengatakan:

    wuiihhhhhhh keren ER-6n

  11. kucay_lampung mengatakan:

    waoe…pria misterius itu ternyata sang legenda Hidup prides..waow…

  12. Insan - Kinan mengatakan:

    mudah2an yang pake maen ke lombok.. *pengen nyobain

  13. edo mengatakan:

    wah rider nya kaya beruang pantasan gampang

  14. Karawangtigerrider mengatakan:

    dari senyumnya kayaknya itu don dono deh..
    :D:D:D

  15. aru_kun mengatakan:

    Sip…
    Moge paling murah🙂

  16. Iklan Motor Gede mengatakan:

    keren juga warna item🙂

  17. Aa Ikhwan mengatakan:

    ajib kang😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s