Motor ini Pasang Double Barrel Exhaust, Alasannya Apa Yak?

Posted: April 19, 2023 in Bajaj, Honda, Suzuki, Triumph, TVS
Tag:, ,

KDWMotoblog – Ada yang cukup menarik perhatian KDW saat melihat penampakan motor Triumph-Bajaj Scrambler 400 terbaru. Yaitu terpasangnya knalpot model “Double Barrel Exhaust“. Knalpot ini memiliki dua lubang pembuangan, namun tetap berasal dari satu pipa. Unik brosist!

Pada spyshoot sebelumnya, Triumph-Bajaj type Roadster memakai knalpot biasa, hanya satu lubang layaknya motor-motor satu silinder lainnya.

Mengapa keduanya dibedakan? Bisa saja untuk tujuan tertentu yang ingin dicapai pada type Scrambler. Bisa juga Triumph-Bajaj sedang test untuk menentukan, model knalpot mana yang nantinya akan dipakai pada jajaran motor 350-400cc mereka tersebut.

Terus, apa kelebihan dari Double Barrel Exhaust? Ternyata knalpot ini tidak hanya memiliki desain yang unik, tapi juga bertujuan untuk memenuhi standar emisi tanpa mengorbankan performa. Selain itu, dua lubang buang juga berpengaruh pada suaranya yang khas.

Knalpot Bajaj Dominar 400

Motor satu silinder dengan knalpot dua lubang buang bukan yang pertama kalinya di India saat ini. Gomechanic.in mencatat sedikitnya ada 4 motor, diantaranya; TVS Apache RTR 200 4V, Bajaj Dominar 400, Suzuki Gixxer 150/250 dan Jawa 42.

Motor Berknalpot Dua Lubang di Indonesia

Dikutip dari Otorider.com, di Indonesia sendiri, trend ini dipelopori oleh TVS Apache RTR 200 4V disusul Suzuki GSX 150 Series (R dan S). Honda CBR 250RR pun memiliki knalpot model Double Barrel Exhaust, tapi khusus yang ini mesinnya sudah dua silinder. Dari dua manifold bergabung jadi satu, setelah melewati katalisator kembali bercabang dua seperti yang dikupas detail oleh TMCBlog disini.

Selain untuk memenuhi standar emisi gas buang, knalpot Apache RTR 200 didesain sedemikian rupa juga untuk mengejar tampilan dan suara khas. “Memang agak sedikit unik bentuknya, ini karena knalpotnya tanpa penutup dan didesain khusus untuk menghasilkan suara yang khas.” ungkap Head of Marketing PT TVSMCI, Rizal Tandju.

Knalpot Apache RTR 200 4V

Kemudian, GSX 150 Series memakai dua lubang di knalpotnya juga untuk memenuhi standar emisi di pasar global. Seperti kata Morikawa Daigo, Assist to Sales and Marketing Dept. Head 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). “Pakai knalpot dua lubang karena GSX ini untuk pasar ekspor ke Eropa dan Jepang,” ucapnya.

Sedangkan knalpot CBR 250RR didesain dengan dua lubang agar memiliki sensasi suara layaknya motor besar. “Silencer CBR250RR memiliki tiga chamber dengan dua lubang. Hasilnya, karakter suara yang dramatis. Di mana suara mesin yang berkesan bertenaga hadir di putaran mesin rendah. Serta suara melengking gahar layaknya motor balap hadir di putaran mesin menengah dan tinggi,” jelas Kenji Kawai, Large Project Leader Honda Motorcycle R&D Center.

(KDW/dwidhaswara)


Ada yang memiliki info menarik dan mau dimuat di KDWMotoblog? Bisa menghubungi;
Email: dwidhaswara@gmail.com
WhatsApp: 0877 248 99000

Mau mendapatkan update artikel terbaru melalui Facebook/Messenger? Silahkan klik ini untuk bergabung.

Komentar
  1. […] Motor ini Pasang Double Barrel Exhaust. Alasannya Apa Yak? […]

    Suka

Tinggalkan komentar