
KDWMotoblog – Di era modern seperti sekarang ini, setiap produsen saling bersaing secara kompetitif. Produsen yang cakap dan kompeten dapat memanfaatkan potensi guna meningkatkan performa perusahaan.
Sebaliknya, produsen yang kurang kompeten akan kalah bersaing dengan yang lain. Salah satu cara jitu untuk meningkatkan kompetensi adalah dengan pemberdayaan komunitas usernya.
Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang memiliki ketertarikan/kepedulian yang sama. Para anggotanya memiliki ikatan emosional karena kesamaan kepentingan (interest) dan nilai yang dianut (values). Tumbuhnya sebuah komunitas user sangat berpengaruh positif pada penguatan kepercayaan calon buyer hingga meningkatnya angka penjualan.
Anggota komunitas terbukti bisa menjadi sales tanpa bayaran. Paling efektif dan ekonomis. Mereka akan menyampaikan kepuasannya akan produk tersebut dan kebanggaannya berkomunitas.
Keharusan memiliki produk jika mau bergabung dalam komunitas user tersebut juga memiliki imbas yang sama. Jadi saling menguatkan.
Efek promo komunitas itu berkesinambungan. Dibanding dengan event ‘show off produk’ yang waktunya sangat singkat tapi menghabiskan budget yang besar.
Ingat, mengubah mindset itu tidak semudah membalikan telapak tangan.
(bersambung)