Pemberdayaan Komunitas dan Kompetensi Perusahaan

Posted: Desember 3, 2022 in Komunitas Motor
Tag:, , ,


Ilustrasi/bikeindia.in

Di era modern seperti sekarang ini, setiap produsen saling bersaing secara kompetitif. Produsen yang cakap dan kompeten dapat memanfaatkan potensi guna meningkatkan performa perusahaan.

Sebaliknya, produsen yang kurang kompeten akan kalah bersaing dengan yang lain. Salah satu cara jitu untuk meningkatkan kompetensi  adalah dengan pemberdayaan komunitas usernya.

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang memiliki  ketertarikan/kepedulian yang sama. Para anggotanya memiliki ikatan emosional karena kesamaan kepentingan (interest) dan nilai yang dianut (values).  Tumbuhnya sebuah komunitas user sangat berpengaruh positif pada penguatan kepercayaan calon buyer hingga meningkatnya angka penjualan.

Anggota komunitas terbukti bisa menjadi sales tanpa bayaran. Paling efektif dan ekonomis. Mereka akan menyampaikan kepuasannya akan produk tersebut dan kebanggaannya berkomunitas.

Keharusan memiliki produk jika mau bergabung dalam komunitas user tersebut juga memiliki imbas yang sama. Jadi saling menguatkan.

Efek promo komunitas itu berkesinambungan. Dibanding dengan event ‘show off produk’ yang waktunya sangat singkat tapi menghabiskan budget yang besar.

Ingat, mengubah mindset itu tidak semudah membalikan telapak tangan.

(bersambung)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s