Berita Tentang “Pulsar 400cc” Itu HOAX!

Posted: April 6, 2012 in Bajaj
Tag:, , ,

detikOto

Beberapa hari terakhir ini kita ‘dihebohkan’ oleh pemberitaan tentang issue Bajaj menyiapkan Pulsar 400cc. Asal muasal berita ini datang dari media online otomotif terkenal India, motorbeam.com yang merilisnya saat mengawali hari pertama di bulan April. Selang beberapa jam berita ini diforward oleh detikOto, …nah!, akhirnya beberapa media online lain pun latah meng-‘copy-paste’ termasuk beberapa blogger.

Media online di India dan tanah air nampaknya menelan mentah-mentah dan menganggap berita ini benar adanya. “Masak sich sekelas motorbeam.com bikin berita hoax?…”, begitu mungkin pikirnya hehehe… Padahal berita ini memang benar-benar HOAX, sengaja dibuat tim motorbeam.com sebagai kejutan di bulan ini. April Mop!

Isi berita itu mengabarkan bahwa pihak Bajaj Auto berencana meluncurkan Pulsar 400cc di tahun 2013. Mesin dari motor ini sendiri adalah dua mesin Pulsar 200 NS yang diselaraskan berkonfigurasi V-Twin, memiliki 8 katup, 6 busi dan mampu memuntahkan tenaga sebesar 44 Hp @8000 rpm dan torsi sebesar 33 Nm @6000 rpm. Disebutkan pula bahwa motor ini mampu melesat hingga kecepatan 180 km/jam, akselerasinya maut, 0-100 km/jam hanya ditempuh dengan waktu kurang dari 7 detik. Motor yang konsumsi bahan bakarnya 25-30 kmpl ini akan dijual hanya senilai 27jt-an saja! Apa gak gila mazbro?…

Sebenarnya kalau ditelaah dengan jeli, ada beberapa kejanggalan dalam pemberitaan tersebut, diantaranya sebagai berikut:
– Sang informan tak disebutkan siapa, hanya dikatakan seorang karyawan Bajaj Auto yang tidak mau disebutkan namanya. Biasanya kan Mr. Rajiv Bajaj, MD Bajaj Auto yang selalu berbicara tentang issue kedepan Bajaj.
– Informasi yang diberikan sangat detail, seakan-akan me-review produk baru yang memang siap atau telah dipasarkan.
– Bajaj maen mesin V-Twin? Hmm… Walaupun bisa iya, tapi kemungkinan itu sangat kecil. Masih masuk akal bila yang disiapkan Bajaj adalah itu mesin single sylinder atau paralel-twin sylinder.
Gimana menurut mazbro? Silahkan dikomentari… (kDW)

Komentar
  1. adli2x mengatakan:

    bisa jadi,
    motor dengan brand national saja berani menaruh harga 24-25 juta untuk sepeda motornya 350 cc dua silinder sejajar . .

  2. Nanang Tjatoer W mengatakan:

    tak siap-2 beli….

  3. apray mengatakan:

    kalo harga masih trjangkau knapa egga

  4. Yukatsi Qitaterima mengatakan:

    April Mop sukses… gkgkgk ;p

  5. Taufik mengatakan:

    he h ehe, dari awal aku dah curiga sama rekaman suaranya kang😀

  6. katze mengatakan:

    kalo 1+1=2 ooh pala bentuk ant

  7. […] motor ini masuk Indo? Atau ini cuma gosip thok, Kan sebelumnya ada bro dwidaswara yang memvonis Bajaj 400cc itu cuma Hoax, ngapusi, […]

  8. Nang mengatakan:

    Moga aja bener…

  9. super paijo mengatakan:

    mas….
    semu berita bisa saja dianggap hoax, walaupun mencantumkan nama informannya. jadi, hanya karena informannya tidak mau disebutkan namanya, juga bukan berarti lantas bisa disebut hoax. aplagi sifat hoax punya korelasi dengan berita yang bersifat detail. Lho ini apa gak kebalik balik cra menilai hoax atau tidak??? gimana seh??? udah itu soal teknologi mesin, mas mas… hari gini itu gak ad yang susah kalau cuma buat motor konfigurasi V. ane kalo punya modal juga bisa buat. gampang itu mas, apalagi sekelas bajaj yang jualan motor di banyak negara. masalahnya cuma mau apa enggak maen di zona spesifikasi tersebut. Lantas gara gara di indonesia bajaj gak punya mesin V, terus mau ngeluarin mesin v dianggap hoax, capek deh….
    tapi sekali lagi manurut ane kalau ada yang nyebut ini hoax, kamu harus buktikan dengan cara crosscheck ke bajaj. cuma itu caranya. jangan pakai logika yang salah dalam menilai hoax atau tidak…
    jdi menurut ane, harusnya ini belum ketauan hoax atau tidak bila blm ada yg konfirmasi ke bajaj, tapi ane berharap ini beneran, sehingga orang yang mau beli ninja250 atau 600 bisa nunggu keluarnya bajaj400
    moga motor gede makin murah, yang mahal kelaut aja hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s