BCU Pulsar Rusak Hanya Gara-gara Terpapar Kabut…???

Posted: Februari 11, 2012 in Uncategorized

BCU rusak ?! Kasus ini menjadi momok yang menakutkan bagi para pengguna Bajaj Pulsar. Horor mazbro…., dan inilah yang sedang dialami kDW. Ada indikasi si MonsterWolf mengalami kerusakan pada unit kontrol kelistrikan yang terletak di bawah speedometer dalam headlamp Pulsar tersebut.

Kok bisa begitu?… Begini ceritanya. Siang tadi (11/06) kDW bersama rekan-rekan komentator dan blogger yang tergabung dalam KOBOYS kumpul bareng di Curug Cijalu, sebuah objek wisata di ketinggian 2.084 m dpl yang terletak di Desa Cipancar Kec. Serangpanjang, Subang.

Kondisi si MonsterWolf saat keberangkatan dari rumah dan dari tikum 1 Situ Wanayasa ke lokasi gak ada masalah, kami sampai disana menjelang Dzuhur. Beberapa ratus meter menjelang pintu masuk kami sempat istirahat dan ‘photo session’, nah semua motor diposisikan berbaris membelakangi lembah. Ketika yang lain melanjutkan perjalanan menuju curug, kDW dan mas Sapto Anggono memutuskan untuk tidak ikut dan memilih ngobrol di warung sambil menunggu mas Agus Rianto yang menyusul.

Body Control Unit (BCU) Pulsar

Tak lama turun hujan, cukup lama dan besar diiringi turunnya kabut tebal yang menggembus dari arah lembah. Posisi si MonsterWolf masih tetap membelakangi lembah, sedangkan Pulsarnya mas Sapto digeser mendekati warung. Tak terasa, hujan reda dan kabut berangsur menghilang setelah adzan Ashar sayup-sayup terdengar di pemukiman warga. Rekan-rekan sudah kembali bersiap untuk pulang. Iseng mau memanaskan motor, putar kunci kontak, tarik kopling dan pijit starter… Lho kok gak idup sama sekali ??? Cek klakson dan lampu sien ternyata normal. Atas masukan mas Sapto, akhirnya mesin bisa nyala setelah motor distandar dua dan roda belakang diputar saat gigi diposisi 2.

Saat riding awalnya masih belum ada kecurigaan, tapi ketika pijit klakson minta jalan pada mobil didepan kok gak nyala! Cek lampu sien, wah gak berfungsi…. Mencoba matiin lampu senja dan lampu speedo ternyata tetep nyala, lampu led panel kiri-kanan pun yang harusnya mati tetep nyala. Ketika lampu utama coba dinyalakan tidak berfungsi, hanya lampu senja ‘mata serigala’ saja yang nyala. Waddduhhhh…. Teringat kejadian dua tahun yang lalu, persis kayak gini. Pasti kalo mesin dimatiin, gak bisa distarter!

Akhirnya diputuskan lanjut jalan walau hujan deras, biarlah wet riding asal nyampe rumah sebelum Maghrib. Setelah berpamitan pada rekan-rekan yang mengarah ke Purwakarta, kDW meluncur ke Subang dibawah guyuran hujan deras tanpa lampu utama, disfungsi lampu sien dan klakson… Bahaya, tapi mau gimana lagi… Begitulah mazbro. Ini sekedar artikel curhat, tunggu kelanjutannya untuk mengetahui solusi yang diambil. Yahh… Mudah-mudahan hanya konslet biasa saja dan esok pagi normal kembali, tapi berdasarkan pengalaman 99% indikasi BCU rusak. Kok cuma gara-gara kabut bisa gini sich….??? (kDW)

Komentar
  1. pridesonline mengatakan:

    Masih reliable nggak sih pulsar? Xixixi

  2. steven sahardjo mengatakan:

    indikasinya bisa jadi bukan bcu juga lho kang, karena panel dan speedo masih menyala, 1 tahunan yang lalu saya pernah juga mengalami hal serupa, dari anyer ke jakarta gk pake lampu utama, cuma sein doang (berkedipnya lebih cepat dari waktu normal) sama lampu senja, trus setiap kali mau klakson (tapi gak nyala) lcd reset dengan sendirinya. Begitu sampai jakarta dicek, ternyata soket yang dari kiprok ke soket utama body bermasalah, trus kiprok gak maksimal karena sering lupa isi air aki, akhirnya ganti kiprok doang sama kabel soket, selesai masalah…gak lama setelah itu sistem dibuat DC dan hingga detik ini terbebas dari masalah kelistrikan…

  3. kmphlynx mengatakan:

    bonkar BCU, keringkan dgn hair dryer…
    mungkin bisa, kang…

  4. Amama Ali mengatakan:

    mungkin ulah lelembut🙄

  5. gaplek mania mengatakan:

    apa karena di india tidak berkabut ya

  6. ridertua mengatakan:

    wow… nice info…

  7. si oom mengatakan:

    Waduh, apa gara-gara membelakangi lembah ya,hii😈

    Metic jadul ku ga pernah bermasalah sih
    *ga ada BCUnya:mrgreen:

  8. smartf41z mengatakan:

    Jangan2 cuma soketnya kendor atau kemasukan air pas sambungan. Periksa juga sekring2

  9. azizyhoree mengatakan:

    asseekk kemaren di hidupin rame rame pake system moto GP * angkat bareng2 , masukin persneling *putar roda belakang :mrgreen:

  10. aditninjamaniac mengatakan:

    waduh kang kok ribet gitu ya?

  11. setia1heri mengatakan:

    membayangkan klo milestone juga kayak gitu…suka sering hujan2an dan menembus kabut juga

    http://setia1heri.wordpress.com/2012/02/15/kunci-maling-pun-berevolusi/

  12. kodok.782 mengatakan:

    wah masa sih BCU jebol semuanya 1 gluntung? sepertinya kejadian rada luar biasa om… biasanya sih tewasnya sebagian2… sekarang dah cobot BCU berarti?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s