Setelah terlebih dahulu janjian, tadi malam (30/11) KDw meluncur ke kediaman pak Asep Jaenudin, Kepala Mekanik BAJAJ Kopo yang tinggal di Subang dan kebetulan tidak jauh dari outlet KDw. Tujuannya adalah selain bersilaturahim juga mengambil pesanan ‘Leg Guard original Pulsar 200’, part yang pernah menarik minat KDw sejak 2 tahun yang lalu.
Selepas ngopi dan ngobrol ngalor-ngidul dengan topik tidak jauh dari seputar per-Pulsar-an, pak Asep mengambil benda yang dinanti itu lengkap dengan tool kit biar bisa langsung dipasang, untung saja ‘Engine Guard’ (EG) sudah dilengserkan 2 hari sebelumnya saat service rutin karena bengkok akibat terjatuh beberapa kali ke sisi yang sama (kanan), yang terakhir sepulang short off-road dari Curug Manggala.

Pak Asep, memasang Leg Guard di si-MonsterWolf
Nah seperti apakah ‘Leg Guard’ itu, dan apa bedanya dengan ‘Engine Guard’ yang lebih populer di Indonesia selama ini..??? Sebenarnya tidak ada bedanya dari segi fungsi dan pemasangan mas bro, yang berbeda hanyalah bentuk dan dimensi saja. ‘Leg Guard’ ini mungil, lebih simpel dan mudah pemasangannya. Uniknya, selain ada lekukan melingkar kearah vertikal-horizontal juga agak melengkung ke arah belakang, berbeda dengan ‘Engine Guard’ yang banyak macamnya juga biasanya berukuran lebih besar dan lekukannya cuma arah vertikal – herizontal, pas pemasangannya pun ‘Engine Guard’ lokal terkadang sedikit terganggu selang oil cooler karena dudukan bawahnya menyatu dengan engine mounting bawah. Masih bingung? Cekibrot gambar si-MonsterWolf dibawah ini :

Gimana, keren kan?
Fungsi LG/EG ini adalah melindungi kaki dari benturan dari arah depan dikala riding dan melindungi kaki dan mesin ketika terjatuh, terkadang kalo benturan tidak terlalu keras juga cukup membantu melindungi tangki. Oh ya, ini benar-benar part original Bajaj lhoo….., kalo di India sudah terpasang di unit motor yang dijual. Harganya pun murah bro, hanya Rp. 36.600,- sebelah, tinggal kali dua aja, lumayan ekonomis dibanding ‘Engine Guard’ lokal yang dijual di kisaran 110 – 185ribu sepasang. Minat? Sambangi saja Dealer Bajaj terdekat dan siap-siap saja sabar indent atau memang stok benar-benar habis dan BAI tidak import lagi xixixi… 😀 Silahkan dikomentari mas bro… (KDw)
Baru tahu namanya,cocok buat turing tuh
SukaSuka
Wuih, masih anget udah dicicip mas Wahyu… Met pagi bro 😀
SukaSuka
buat xcd bisa ngga Kang?
SukaSuka
masih lebaran punya rial kalo g salah kang…
sempet liat yg ori bajaj ko g terlalu lebar ya? hehehe
SukaSuka
Kang dadang, punten mau nanya!! Tp ga ada hubungannya na artikel di atas. Hehehe.. Kang dadang atau mungkn tmn2 di PRIDES prnh ganti accu pulsar ga?? Pnya ane yg ori nya dh mst diganti, mgkn KDw prnh tau accu apa yg bagus, klo bisa skalian belinya di toko mna? Posisi ane di bandung. Nuhun sblmnya
SukaSuka
Substitusi bisa pake accu GS yang 9 Ampere, kalo gak salah yang buat Suzuki Thunder bro… Di Dealer juga ada kok, merk-nya Minda.
SukaSuka
saran gw sih pake ori aja..
asal rutin tiap dua bulan cek ketinggian air aki, dijamin bisa 2 tahun lebih..
SukaSuka
murahhhh part ori pula,
SukaSuka
ane nitip dong om, dari dulu hunting yg EG ori made in indiahe gak nemu2…..pliiiiiiiiiiiiiiiisssssssssssss
SukaSuka
klo wat pies bs ga om…?
SukaSuka
@addikusuma @thoni:
Kalo XCD dan p135 beda dudukannya, harus dimodif atau hunting Leg Guard originalnya saja, ada gak ya? 😀
Ini cuma bisa PnP di p200, p220 dan p180 UG-4 yang kebetulan konstruksi rangkanya sama.
SukaSuka
murah tuh kang…mantabbb
SukaSuka
pulser 200 tubular 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/12/01/yamaha-new-mio-injeksi-jawaban-dari-tantangan-honda/
SukaSuka
ini baru proposional ..ngga kaya pager.
SukaSuka
matur nuwun penjelasannya kang…. waduh musti hunting lagi ya…. :sad
SukaSuka
Mantabzzz gan…….keren
SukaSuka
wuih pa asep aya didieu…:D
SukaSuka
kang .nama partnya di parts catalouge Bajaj apa ?
SukaSuka
mantapzzz
http://jejak-sang-petualang.co.cc/kesatria-kawah-ijen/
SukaSuka