BAI tutup? Dibeli Kawasaki?? Ahhh.., cuma kerjasama distribusi saja

Posted: Oktober 19, 2012 in Bajaj
Tag:, , , ,

“Perjanjian tersebut bukan usaha patungan tetapi kemitraan distribusi yang sederhana”. -Rajiv Bajaj-

Ditengah gosip Bajaj akan cabut dari Indonesia, sekarang ada lagi
selentingan wacana Bajaj akan dibeli Kawasaki di Indonesia. Lagi-lagi Bajaj Indonesia diterpa gosip yang tentu akan membawa efek negatif bagi Bajaj di Indonesia dan seluruh pemakai Pulsar di Indonesia khususnya.

Bajaj Auto India memang telah memutuskan untuk me-“link”-kan antara Bajaj dan Kawasaki dalam kerjasamanya untuk pasar Indonesia. Seperti yang sudah pernah saya posting beberapa waktu lalu, dalam point perjanjian kerjasama tersebut mengatakan bahwa Kawasaki hanya membantu pendistribusian produk Bajaj dalam hal ini dimulai dari Pulsar 200NS.

Kerjasama itu hanya Distribution Partnership seperti yang dikutip dari news.xinhuanet. com, “clarified that the arrangement is not a joint venture but a simple distribution partnership. “We did not think getting into a marketing joint venture was necessary,” he said.

Dalam kerjasamanya selama 30 tahun dengan Kawasaki, Bajaj tidak pernah Join Venture dengan Kawasaki. Salah satu tujuan dengan kemitraan distribusi ini adalah agar Bajaj dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat khususnya di pasar Asia. Jadi tidak ada efek “kanibalisasi”, karena kita tahu sendiri Kawasaki fokus ke motor sport dengan kapasitas cc yang lebih besar sementara Bajaj cc yang lebih kecil. Setelah Indonesia, Bajaj akan juga memulainya di Brazil dengan kerjasama yang kurang lebih sama bersama Kawasaki.

Memang, pada awalnya Bajaj mencoba sendiri masuk ke pasar Indonesia dan mendirikan anak perusahaan BAI pada 2007 dengan kepemilikan saham 98.94 % dengan tujuan agar Bajaj dapat mengetahui dulu pasar disini sambil menentukan langkah strategi apa yang mesti diterapkan, namun seiring berjalan nya waktu, itu seperti membutuhkan waktu yang ekstra dan proses yang tidak sebentar, jadi memang dengan bermitra adalah strategi yang sudah tepat. Total investasi Bajaj Auto tercatat sebesar 1.378.200.000 rupee (25 juta dolar AS) pada tanggal 31 Maret 2012.

So, clear ya mas bro jadi tidak ada beli membeli antara Bajaj dengan Kawasaki, yang hanya ada kerjasama dalam hal pendisribusian di Indonesia yang sudah pasti akan terealisasi pada 2013. Mengenai selanjutnya bentuk kerjasamanya seperti apa lagi, itu adalah wewenang Bajaj, karena saya hanya menginfokan, tidak lebih. Tidak mudah memasuki pasar Indonesia yang dikuasai oleh “The Big Four” dan keinginan masyarakat yang beragam, jadi memang kerjasama dengan Kawasaki adalah hal yang paling masuk akal. Salam.

(Pulsar 200NS Indonesia)

About these ads
Komentar
  1. dwidhaswara mengatakan:

    Pertamax mahal… :)

  2. andypierre mengatakan:

    mantab mas bro Kdw(y) :)

    itu poto SPG nya menggugah hati, hahaha..

    sukses selalu. Salam.

  3. julianto mengatakan:

    orang Indonesia tidak semudah itu akan mengerti apa yang terjadi, akan tetapi mohon di maafkan apabila mereka/kami akan tetep mengartikan lain, sampai sekarangpun tidak semua orang bisa mengakui klo pulsar itu motor India kok, masih banyak orang masih menganggap “MOCIN”, mohon maklum keterbatasan pengetahuan & ketidakpercayaan masyarakat yang tinggi terhadap sesuatu hal yang baru yang ditimbulkan karena pengaruh budaya yang dibangun di Indonesia.
    dan orang Indonesia lebih percaya kenyataannya dikemudian hari (ini sih sebagai bahan pemikiran aja ya….)
    heheheee… capek nerusin….

  4. Doni mengatakan:

    wis.. mudah2an bajaj kedepan’a lebih baik di indonesia.. *secara pulsar motor pertama ane :p
    dan kalo kerjasama berjalan di indonesia, mudah2an minim persepsi yg salah dr masyarakat..
    misal “bajaj bangkrut lah ampe d beli kawak, bajaj kalah saing lah, bajaj ga kuat bawa nama sendiri d indonesia-lah ato apalah.,,”
    tp emang “the big four” mantebh dah di indo.. dan emang harus punya strategi yg uajibb.. ! :)
    lanjutgan…. :D

  5. Themank mengatakan:

    Syukur alhamdulillah.. 
Thnx inpoh2ny kang, lanjutkn terus berita2ny.

  6. losbon-pp mengatakan:

    kemaren ane liat mobil truck gede ngangkutin mtr ninja + pulsar…..apa udah dimulai neh…

  7. setia1heri mengatakan:

    owh…ini dia lahacianya :mrgreen:

  8. z1rider mengatakan:

    Kerja sama bilateral antar 2 pabrikan ? ooo, gitu :)

  9. las artes mengatakan:

    Oh a, motor itu nantinya akan diproduksi di pabrik BAI di Chakan, brad n sis. Trus masuk ke Indonesia, sama kayak varian Bajaj lain yang udah duluan dijual di Indonesia. Meski begitu, kedua belah pihak ngaku tuh, kalo kerjasama ini gak bakal ngeganggu perkembangan produk mereka masing-masing. “Kalo kita sih yakin, ya. Ini akan berjalan seperti yang kami harapkan. Artinya, Bajaj juga akan berkembang pesat bersama Kawasaki di pasar dalam negeri!” tambah Rajiv.

  10. Bambang Sugeng mengatakan:

    Cepat, buruan jual Bajaj loe, mumpung harganya belum anjlok abis karena spare part bakalan discontinue. Lumayan, bisa buat uang muka buat beli Honda CB 150 R atau Yamaha New Vixion. P 200 NS juga gak usah ditunggu karena masih karburator, paling umurnya juga setahun karena 2014 semua motor wajib Injeksi. Hari gini yang pasti-pasti aja deh, gak usah jadi fans boy bener dengan label merek Pulsar. Nyesek emang, tapi mau gimana lagi. coba?

  11. mantuku mengatakan:

    Cepat, buruan jual Bajaj loe, mumpung harganya belum anjlok abis karena spare part bakalan discontinue. Lumayan, bisa buat uang muka buat beli Honda CB 150 R atau Yamaha New Vixion. P 200 NS juga gak usah ditunggu karena masih karburator, paling umurnya juga setahun karena 2014 semua motor wajib Injeksi. Hari gini yang pasti-pasti aja deh, gak usah jadi fans boy bener dengan label merek Pulsar. Nyesek emang, tapi mau gimana lagi. coba?

  12. boerhunt mengatakan:

    harga part bajaj skrg 11-12 dgn mopang.. jadi pindah kawasaki gk terlalu ngaruh, toh udah byk substitusi juga.. :D

    nitip survey kang..
    http://boerhunt.wordpress.com/2012/11/01/survey-seberapa-pentingkah-menurut-anda-kick-starter-untuk-motorsport/

  13. Bambang Sugeng mengatakan:

    HOT NEWS: Penampakan resmi motor sport murah HONDA K18 seharga <16 jutaan aka Pulsar & Apache Killer! http://www.hondaph.com/lifestyle/business-type-model/tmx-supremo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s